Menu Close

Siklus Erupsi Gunung Bromo, Berapa Tahun Sekali?

Gunung Bromo merupakan gunung yang masih aktif di Jawa Timur. Gunung ini masih termasuk dalam 4 wilayah Kabupaten yang mengelilinginya, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Memiliki ketinggian sekitar 2.329 diatas permukaan air laut. Gunung ini juga memliki keindahan dan keunikan tersendiri yang dapat memikat para wisatawan yang ingin berlibur. Disekitar Gunung Bromo, kalian juga dapat menemukan banyak spot-spot berfoto yang bisa kalian gunakan untuk mengabadikan moment saat berkunjung ke lokasi wisata alam ini. Gunung yang masih aktif ini pastinya juga memiliki siklus erupsi ketika tiba waktunya. Untuk menambah pengetahuan mengenai Gunung Bromo, kali ini admin akan membahas sekilas tentang Siklus Erupsi Gunung Bromo.

Siklus Erupsi Gunung Bromo

Gunung Bromo ini tercatat sudah mengalami lebih dari 50 erupsi sejak 215 tahun yang lalu pada tahun 1804. Siklus erupsi Gunung Bromo ini terjadi 5 tahun sekali, orang – orang biasanya menyebut peristiwa ini dengan siklus erupsi Bromo 5 tahunan. Dalam 15 tahun terakhir, erupsi Bromo terakhir terjadi November 2010. Lalu Desember 2015 dan saat ini erupsi Bromo yang terakhir terjadi pada bulan Maret 2019. Para warga sekitar yang ada di Gunung Bromo ini sudah terbiasa dengan letusan Gunung ini. Mata pencaharian mayoritas warga yang ada di Gunung Bromo ini adalah bertani. Jadi ketika erupsi semakin menggila atau tak kunjung berhenti, warga yang mayoritas bertani akan berlibur sejenak dari kegiatan cocok tanam.

Untuk mengetahui keadaan dan kondisi Gunung Bromo, petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) selalu memantau dengan teliti dan seksama. Sehingga ketika terjadi sesuatu sewaktu-waktu, para warga sekitar dan pengunjung yang akan atau ingin berwisata ke Gunung Bromo bisa lebih waspada lagi. Ketika gunung ini bererupsi, kawasan wisata Gunung Bromo ini ditutup. Jadi tidak ada aktivitas yang dilakukan di kawasan wisata ini, demi keamanan dan keselamatan masing-masing ya. Karakter letusan Gunung Bromo ini juga ada beberapa macam diantaranya adalah Efusif dan Eksplosif dari kawah pusat, menyemburkan abu, pasir lapilli, dan terkadang juga menyemburkan bongkah lava dan bom vulkanik.

 

Jadi kalian bisa memperkirakan sendiri kapan Gunung Bromo ini akan bererupsi lagi untuk tahun berikutnya. Jika tahun 2019 kemarin gunung Bromo sudah bererupsi maka kemungkinan pada tahun 2024 Gunung ini akan bererupsi kembali. Meskipun dengan begitu, kalian harus tetap berhati – hati dan selalu taati aturan yang ada ya gaes saat berwisata ke lokasi wisata ini. Mau lebih aman dan nyaman saat berwisata, kalian juga bisa pake paket wisata Bromo yang kami sediakan. Liburan kamu dijamin hemat, seru, dan tentunya menyenangkan banget. Hubungi saja langsung admin yang tersedia, kalian juga bisa berkonsultasi untuk tempat wisata yang ingin kamu kunjungi selain Gunung Bromo ini. Kami akan melayani Anda dengan sepenuh hati. 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *